Iwan Curhat

Tempat berlindung dari cahaya matahari yang terlalu silau saat ini...

Sunday, April 16, 2006

Tips : Body Language

Guys and Gals, iseng ini mau kasih tips & tricks body language dalam bersosialisasi... Dalam suatu pertemuan atau perbincangan, baik itu yg sifatnya umum atau pribadi, kita bisa melihat respons lawan bicara kita mengenai topik yg kita perbincangkan, apakah dia senang, boring, interested atau cuma sekedar menjaga kesopanan, berikut ini laopran selengkapnya :

1. Mata. Sebagai "Jendela Jiwa", mata memegang peranan sangat penting dalam suatu pembicaraan. Mata mengatakan seluruh isi kepala tanpa harus bersuara. Jadi sangat penting untuk memperhatikan mata lawan bicara anda.
Mata yang memandang anda tajam biasanya mengandung arti lawan bicara anda sedang menyelidiki anda atau ingin tahu kemampuan anda sampai dimana. Mereka cenderung mengajukan pertanyaan2 yg menguji bahkan kadang melontarkan pertanyaan retorik yg melecehkan. Hati2 dgn lawan bicara dgn pandangan yg seperti ini.

Mata yang berbinar2 menunjukkan antusiasme lawan bicara anda dengan topik yg anda bicarakan. Topik2 ringan yg sesuai dengan suasana hati dan interest dari lawan bicara biasanya akan menghasilkan pandangan seperti ini. Jangan ragu untuk meneruskan pembicaraan tapi jangan kelewat asyik sehingga anda saja yg berbicara. Usahakan lawan bicara anda jg mengutarakan pendapatnya.

Mata yang sering melihat ke arah lain selain ke arah anda artinya lawan bicara mulai bosan dengan pembicaraan anda dan mencari sesuatu yg lain yg menarik. Anda harus mulai menghentikan pembicaraan pada saat itu jg atau dia yg akan pergi dari anda. Carilah bahan pembicaraan yg sesuai dgn lawan bicara anda. Jadilah pendengar yg baik, maka anda akan didengarkan dengan baik.

Pandangan mengantuk adalah yg paling berbahaya, ini sudah merupakan red alert bahwa pembicaraan anda super duper boring, kecuali kalau dia memang habis pulang fitness dan lari marathon. Usahakan untuk bicara dgn artikulasi jelas dan topik yg bagus, topik yg bagus adalah yg disukai oleh kedua orang yg mengobrol. Komunikasi adalah dua arah bukan? gimana mau komunikasi kalo yg satu ngomong dan yg satu tidur?

2. Mulut dan bibir. Sebagai alat bicara, mulut juga bisa merupakan indikator kelihaian kita berkomunikasi dengan lawan bicara.

Mulut atau bibir yg membentuk pola disamping adalah pertanda bahaya. Ada beberapa kemungkinan, yaitu : lawan bicara tidak suka kepada anda secara personal, lawan bicara meragukan kebenaran pembicaraan anda atau lawan bicara tidak suka dengan arah pembicaraan anda. Jadi sebaiknya cari tau yg mana dari ketiganya yg benar.


Tiada yang seindah senyum lawan bicara anda. Apalagi jika ini adalah pembicaraan pribadi atau anda ingin melamar dia.. bentuk senyum dan rona wajah menunjukkan kesuksekan anda merayu si dia, jadi... lanjutkan saja melamar dia hehe...

Semakin lebar mulut yg terbuka berarti semakin lebar jarak anda dan dia dalam komunikasi yang gagal total ini. Masih ada cara lain yaitu ambilkan dia minuman atau snack supaya lupa dengan ngantuknya dan mulai konsentrasi.. ke minumannya huhaha... coba ubah topik pembicaraan supaya menarik.



3. Tangan dan jari. Bahasa tangan juga bisa jadi indikator keseriusan lawan bicara kita dalam pembicaraan yang sedang kita jalani.

Jari yang terlalu sering mengetuk2 meja merupakan indikator kebosanan. Cepat alihkan pembicaraan!!



Jangan berpikir dua kali kalau anda melihat tangan lawan bicara anda seperti ini... SEGERA ANGKAT KAKI!! karena kemungkinan paling ringan adalah anda kena gampar atau lebih bahaya lagi kena cekek di leher...






Semoga Tips2 tadi cukup membantu anda lebih memahami lawan bicara dalam merespons pembicaraan anda.. Have a nice Weekend.. Sayonara.. Dasvidania.. Babay..

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

mas kalau suka goyang akki apa indikasinya?hehee

4:40 PM  
Blogger Sisca said...

Mas Izur, Orang perancis mah tebal muka, dah di meremin..di tinggal pergi..di pamitin ngeblog..keukeuh bertahan, stock kata2 nya kebanyakkan....penangkalannya konon menurut mbah dukun cuma satu...'PULANG'

6:28 PM  
Blogger Unknown said...

Bev.. kalo goyang kaki biasanya itu tanda kebelet pipis

Sisca.. lah kalo baru diajak ngobrol dah langsung pulang gimana bisa dapet pacar? huahaha...

1:36 AM  

Post a Comment

<< Home