Iwan Curhat

Tempat berlindung dari cahaya matahari yang terlalu silau saat ini...

Sunday, April 16, 2006

Movies : Berbagi Suami


Berbagi suami terdiri dari 3 alur cerita yang saling berpotongan tapi berdiri sendiri2 dengan jalan cerita masing2.

Salma (Jajang C Noer) adalah ibu satu anak dan istri dari Pak Haji (El Manik) seorang politikus. Salma yg berprofesi sebagai dokter kandungan harus menghadapi kenyataan pahit bahwa suaminya ber-poligami. Dalam mempertahankan keutuhan rumah tangganya, ia harus memberikan pemahaman kepada anak semata wayangnya Nadim (Winky Wiryawan). Nadim akhirnya tumbuh menjadi seorang penentang poligami. Kehebohan muncul ketika mereka akhirnya tahu bahwa Pak Haji bukan hanya menikahi satu ibu lagi (Nungky Kusumastuti) tapi dua lagi yg seumur dengan Nadim, bahkan perempuan terakhir yg dinikahi baru mereka ketahui pada saat pemakaman Pak Haji.

Cerita kedua bercerita tentang supir sebuah PH yaitu Pak Le (Lukman Sardi) yg telah beristri dua (Ria Irawan & Rieke Dyah Pitaloka) tapi masih mengambil keponakannya dari kampung yaitu Siti (Shanty) untuk menjadi istri ketiganya. Kehebatan Pak Le adalah ia mampu membuat semua istrinya satu rumah dengan 7 anak dalam rumah sempit di sebuah gang ibukota. Cinta terlarang antara Siti dan Dwi (Rieke) membuat mereka akhirnya melarikan diri mencari kehidupan lain setelah Pak Le pulang dari Aceh dan membawa seorang istri lagi.

Cerita ketiga mengenai Koh Abun (Tio Pakusadewo) yg mempunyai rumah makan bebek panggang, beristri Ci Linda (Ira Maya Sopha) yg bawel dan pengatur. Ming (Dominique) adalah pelayan favorite di rumah makan Koh Abun dan selain membuat para pelanggannya jadi rajin datang, juga membuat hati Koh Abun berbunga2 apalagi cinta Koh Abun tidak bertepuk sebelah tangan. Ming mendapat apartemen dan mobil dengan imbalan menjadi istri simpanan Koh Abun. Ming yg sebenarnya berniat menjadi artis dengan bantuan Firman (Reuben Elishama) seorang sutradara muda, akhirnya menemukan jalan keluar dari kekangan Koh Abun. Tapi nasib malang karena ketahuan oleh Ci Linda dan anak2nya akhirnya Ming harus kembali ke kost lamanya dan berpisah dengan Koh Abun yg harus pindah ke Amerika dengan keluarganya.

Jalinan cerita yang sangat baik dan kepiawaian El Manik, Ria Irawan dan Shanty menjadi cerita yg layak tonton. Sutradara sekaligus Penulis (Nia Dinata) dengan jeli menangkap fenomena saat ini yaitu Poligami. Tanpa berusaha menggurui dan memvonis, ia menangkap angle yg menarik. salah satunya adalah Scene pada saat Pak Haji mengucapkan kata terakhirnya kepada Nadim "Kalau mau nikah cukup satu istri saja" (kurang lbh begitu kata2nya.. maaf lupa)

Setting rumah Pak Le yg khas rumah di daerah kota yg berdempet2 dengan anak2 dan istri2 yg tidur di satu kamar dan ia dengan istri yg sedang "dapat giliran" di kamar lain membuat susana rikuh tp harmonis terlihat segar dan wajar.

TWO THUMBS UP buat Nia Dinata.. !!! blom pernah ada film Indonesia yg sebagus ini setelah Daun Di atas bantal-nya Mas Garin...

referensi :
film > Berbagi Suami (Sutradara Nia Dinata, Kalyana Shira Films)



7 Comments:

Blogger Innuendo said...

beli ah dvdnya ntar. itu si dokter kandungan kok nerima aja sih dipoligami ? biasanya khan yg tak mampu yg mau

12:27 AM  
Blogger Unknown said...

Awalnya sih ga mau.. tp kalo udah cinta dan demi keutuhan rumah tangga dia mau berkorban perasaan.. bener2 Lady si Salma itu..

1:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

wah kayaknya film ini banyak mendapat perhatian..ya..sudah banyak beberapa artikel ini di beberapa blog...:P

12:25 PM  
Blogger Innuendo said...

ooohhh gitu. tapi lucu juga ya, pesannya sebelum meninggal, jangan berpoligami. eh shanty yg penyanyi itu ya maen juga ?

1:21 AM  
Blogger Sisca said...

Mas Izur, dari recensinya sdh terbaca betapa menarik film ini...

2:06 AM  
Anonymous Anonymous said...

denger2 sih ni film bagus bgt...
yaa mudah2an di kehidupan nyataku...gak dipoligami..*halahh* naudzubilahminzalik dah

2:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

maap..lupa menuliskan nama pak :P *ngakak mode on*

2:56 PM  

Post a Comment

<< Home